Tumbuhan Beracun

Tumbuhan Beracun

Tumbuhan adalah bagian penting dari alam. Mereka ada di mana-mana di dunia dan membuat planet kita hijau. Kita semua tahu bahwa mereka baik untuk kita karena mereka memberi kita makanan, kayu, dan oksigen yang berharga. Tapi, ada banyak spesies tanaman yang juga membawa racun. Racun ini dapat menyebabkan gatal, muntah, diare, dan bahkan kematian. Tanaman beracun memainkan peran penting di alam. Mari kita menggali lebih dalam!

Mengapa Tumbuhan Membawa Racun?

Pertanyaan pertama yang mungkin ditanyakan semua orang tentang tanaman beracun adalah, mengapa tanaman membawa racun? Karena kita tahu tumbuhan sebagai makhluk baik yang menyediakan sumber makanan utama bagi hewan, jadi mengapa mereka ingin membahayakan hewan? Ada beberapa alasan di baliknya, mari kita bahas mereka.

Alasan utama untuk membawa racun adalah perlindungan dari herbivora. Herbivora (pemakan tumbuhan) mengkonsumsi tanaman untuk bertahan hidup. Misalkan jika beberapa herbivora mulai makan satu tanaman bersama, mereka dapat mengkonsumsi seluruh tanaman. Akibatnya, tanaman akan mati sepenuhnya. Jadi, beberapa tanaman telah berevolusi untuk membawa racun di dalamnya dengan jumlah racun yang bervariasi untuk melindunginya dari herbivora ketika dikonsumsi lebih dari rata-rata.
herbivora.

Beberapa tanaman membawa racun permanen untuk melindungi diri dari herbivora. Sebagai contoh, daun pohon bakau beracun bagi banyak herbivora. Namun, beberapa herbivora dapat mencerna daun beracun ini, mis. kemalasan. Akibatnya, beberapa spesies dapat memakan daun ini yang membantu mangrove bertahan hidup sambil menyediakan makanan bagi herbivora terbatas.

Penggunaan Tanaman Beracun

Racun tanaman tentu saja berbahaya bagi hewan dan manusia. Tetapi, mereka juga digunakan oleh manusia dalam persiapan beberapa obat-obatan dan dalam beberapa aplikasi lain. Misalnya, orang telah menggunakan racun ‘Buckeye’ untuk menangkap ikan. Tanaman ‘Digitalis’ telah menyediakan obat pertama untuk jantung, yang membantu memperkuat detak jantung.

Tumbuhan Paling Beracun di Bumi

Berikut adalah beberapa tanaman yang dianggap paling beracun di dunia

ACONITUM NAPELLUS

Itu adalah tanaman yang indah dengan warna ungu. Saat dimakan dapat menyebabkan mati rasa, muntah dan juga kematian. Pada tahun 2014, BBC melaporkan bahwa seorang tukang kebun berusia 33 tahun meninggal karena menyentuh (atau memakan) tanaman ini.

CASTOR BEAN

Ketika tanaman ini dimakan, dapat menyebabkan muntah, diare berdarah, peningkatan denyut jantung, tekanan darah rendah, dan kematian dalam beberapa hari (jika korban tidak dirawat dengan baik)

WATER HEMLOCK

Itu juga merupakan tanaman yang indah dengan bunga kecil berwarna putih. Tumbuhan ini dapat menyebabkan kejang jika dimakan. Ini juga merupakan tanaman beracun yang umum di Inggris dan AS.

Fakta Menyenangkan

  • Daun pohon apel dan bijinya mengandung ‘sianida’; bahan kimia yang sangat beracun.
  • Kentang mentah juga beracun. Mereka dapat menyebabkan muntah.
  • Beberapa tanaman beracun dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat intens saat disentuh, Contoh : Poison Ivy